BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 10 Oktober 2009

Etika Auditor Dalam Menerima Bingkisan (Bingkisan Hari Raya) dari Klien

Auditor publik adalah seseorang yang memiliki sifat independen sebagai profesinya. Sifat dimana tidak memihak kepada siapapun, baik pribadi maupun kepada badan hukum. Auditor dituntut untuk melaporkan kenyataan yang sebenarnya ada dalam laporan auditingnya. Maka, modal utama yang harus dimiliki olah auditor adalah sifat independen agar auditor tersebut memiliki nilai lebih di mata publik.

Di hari raya seperti Idul Fitri seperti ini banyak tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, seperti halnya memberikan parsel sebagai tanda silahturahmi antar teman atau kerabat. Hal tersebut lama - kelamaan menjadi suatu budaya yang ada di masyarakat kita baik itu pada kalangan masyarakat biasa maupun kalangan pejabat.

Auditor tidak diperbolehkan untuk menerima parsel atau bingkisan dari klien karena dapat mengganggu auditor terhadap laporan auditnya dan menghapus sifat dari independent auditor itu sendiri. Jika auditor menerima bingkisan tersebut berarti auditor tersebut melanggar Kode Etik Akuntan Indonesia.

0 komentar: