BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 15 April 2010

Matrik EFAS dan IFAS Pada PT Ultrajaya Industry Tbk

Matrik EFAS dan IFAS Pada PT Ultrajaya Industry Tbk

Internal Factor Analysis Summary ( IFAS)
Internal Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments

Strengths

S1 SDM yang besar dan terlatih 0.10 2 0.20 Karyawan yang banyak pengalaman

S2 Harga produk yang kompetitif 0.15 3 0.45 Harga yang bersaing dan terjangkau

S3 Keadaan distribusi dan pangsa pasar 0.16 3 0.48 Pemasaran yang luas

S4 Loyalitas konsumen terhadap produknya 0.20 4 0.80 Banyak masyarakat menggunakan produk ini

S5 Brand Image 0.14 4 0.56 Penilaian terhadap produk baik

S6 Pertumbuhan penjualan 0.15 2 0.30 Peningkatan penjualan

S7 Keadaan distribusi dan pangsa pasar 0.10 3 0.30 Distribusi terkendali

Total 1.00 3.09


Weakness

W1 Ketersediaan bahan baku 0.23 3 0.69 Persediaan bahan baku yang baik, berkualitas dan terpenuhi pemasok bahan baku


W2 Biaya produksi yang tinggi 0.15 2 0.30 Biaya yang harus diminimalkan sehingga biaya produksi tidak terlalu tinggi


External Factor Analysis Summary (EFAS)
External Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments

Opportunities

O1 Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif 0.20 3 0.60 Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas

O2 Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar 0.25 3 0.75 peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan kualitas terbaik dalam meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.

Threats

T1 kebijakan pemerintah 0.20 2 0.40 Sudah terstandarisasi dengan baik

T2 Masuknya para pesaing baru 0.21 3 0.36 Tetap bias mempertahankan kualitas produknya

T3 Fluktuasi nilai tukar rupiah 0.19 2 0.38 Mengikuti naik turunnya rupiah

T4 Iklim yang dapat menjadikan tumbuhan teh tidak baik 0.18 4 0.72 Berpengaruh terhadap kualitas bahan baku

T5 pesaing produk untuk minuman teh kotak 0.22 4 0.88 Tetap menjaga cita rasa sutu produk

Total 1.00 2.74

Strategic Factor Analysis Summary (SFAS)
Weighted InterKey Strategic Factors Weight Rating Score Short mediate Long Comments

S4 Loyalitas konsumen terhadap produknya 0.20 4 0.80 Banyak masyarakat menggunakan produk ini

S5 Brand Image 0.14 4 0.56 Penilaian terhadap produk baik

W1 Ketersediaan bahan baku 0.23 3 0.69 Persediaan bahan baku yang baik, berkualitas dan terpenuhi pemasok bahan baku

O2 Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar 0.25 3 0.75 peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan kualitas terbaik dalam meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.

T4 Iklim yang dapat menjadikan tumbuhan teh tidak baik 0.18 4 0.72 Berpengaruh terhadap kualitas bahan baku


Total 1.00 3.52

Rating yang digunakan: 1 = kurang berpengaruh .2 = cukup berpengaruh. 3 = berpengaruh .4 = sangat berpengaruh

0 komentar: